Photobucket

Minggu, 05 Februari 2012

KIA All New Picanto - Speksifikasi


Tak usah lagi membicarakan penampilan. Kami mengakui parasnya begitu rupawan dengan guratan garis menarik di sekujur tubuh. Di tangan tim desainer pimpinan Peter Schreyer, Picanto kini terlihat lebih agresif dan berkarakter.

Tampang yang keren itu sangat cocok dengan target pasar Picanto. Yaitu mereka yang diasumsikan sebagai pecinta Small Hatchback dari kalangan anak muda atau yang setidaknya yang berjiwa muda.

Untuk pasar Indonesia, Picanto hanya memiliki 2 varian, yakni unit yang bertransmisi otomatis dan unit yang bergirboks manual. Hasil uji kami di beberapa edisi sebelumnya, Picanto matik mencatat waktu akselerasi 0-100 km/jam dalam 12,38 detik. Angka yang luar biasa dan jelas menyiratkan potensi mesin yang dikandungnya.
Benar saja, untuk berlari dari diam hingga 100 km/jam, Picanto manual cuma butuh 11,23 detik. Lebih tajam 1 detik lebih dari versi otomatis dan tetap sebuah figur impresif bagi mobil di kelasnya.

Hasil itu tak lepas dari kinerja luar biasa mesin Gamma bertenaga 87 dk. Mesin berkapasitas 1.248 cc itu terhitung canggih dengan penerapan katup variabel ganda yang dalam bahasa Kia disebut Dual CVVT. Apalagi tuas perseneling ringan dan presisi, membuat shifting menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Dan tak hanya akselerasinya yang sigap, pencapaian efisiensinya pun mengagumkan. Picanto ini menempuh rute tol dengan kehematan bbm 18,51 km/l. Sedangkan rute dalam kota dijalaninya dengan konsumsi 13,3 km/l. Tenaga besarnya membuat ia tak perlu berkitir tinggi untuk sekadar menjelajah perkotaan.

Picanto memiliki mode berkendara Eco. Implementasinya adalah, melalui layar MID di instrumen, komputer akan memberikan direksi gigi yang tepat sesuai putaran mesin dan kecepatan aktual. Arahan ini efektif merangsang pengemudi untuk berjalan sesuai dengan cara yang efisien.

Sayang kami agak kecewa oleh kinerja kemudi. Kami paham kalau maksud Motor Driven Power Steering adalah menghadirkan bobot kemudi yang pas sesuai tingkat kecepatan. Tapi yang terjadi justru munculnya jeda hingga membuat kemudi seperti kurang presisi.

Catatan lain adalah lemahnya kemampuan antena radio menangkap siaran. Saat kami menjelajah jalan-jalan perkotaan, sering kali siaran radio menjadi tidak jernih atau bahkan hilang sama sekali saat berada di terowongan atau under pass. Simpel, namun cukup berdampak bagi komuter perkotaan yang kerap mengandalkan radio sebagai pusat berita dan hiburan.

Kia All New Picanto - M/T 
Harga on-the-road Rp 126,5 jt (M/T); 139,5 jt (A/T)
Mesin/kapasitas 1.248 cc 4 silinder
Tenaga maksimum 87 dk/6.000 rpm
Torsi maksimum 120 Nm/4.000 rpm
Transmisi 4-speed manual/ FWD
Panjang/wheelbase 3.595/2.385 mm
Lebar/tinggi 1.595/1.480 mm
Kapasitas tangki/ban serep 35 liter/full size
Bobot 1.030 kg
HASIL TEST
0-100 km/jam 11,23 detik
0-60 km/jam 5 detik
60-80 km/jam 3,9 detik
80-100 km/jam 7 detik
100-120 km/jam 11,1 detik
Pengereman (100-0 km/jam) 52,6 m
Konsumsi bbm tol/dalam kota 18,51/13,3 km/l
FEATURES 
Airbag/ABS/EBD/ESP Tidak/tidak/tidak/tidak
AC climate control/dualzone/pelek Tidak/tidak/tidak/alloy 14 inci
CD player/tombol setir/cruise control Ada/tidak/tidak
Headlamp levelling/HID/foglamp Tidak/tidak/ada
Spion/pelipat elektrik Ada/tidak
On-board computer/smart key Ada/tidak
Setir adjustable reach/rake Ada/tidak
Jok elektrik/heater Tidak/tidak
Auto door-lock/sunroof Tidak/tidak
 Launch control/ suspension control Tidak/tidak 
Sporty cocok untuk yang berjiwa muda
Kabin sederhana tapi lapang
 Velg 14 Inc Berdesain Keren & Sporty
Indikator Eco membantu eco driving

Mesin Dual CVVT 1.2 DOHC

Konsol Pengaturan AC
Media Connection
Cup Holder
RIVAL
Daihatsu Sirion (M/T)
Mesin 1.298 cc 4 silinder, 90 dk
0-100 km/jam 10,4 detik (M/T)
Harga Rp 139,5 juta (M/T); Rp 150,5 juta (A/T)
+Tenaga, akomodasi, fitur
- Desain, harga


First opinion
Tampilan keren saja sudah cukup buat Picanto memikat konsumen, namun ternyata Kia masih berbaik hati dengan memberi kesenangan berkendara berkat potensi mesin. Harga Rp 125 juta pun affordable untuk sebuah mobil baru yang semenarik ini.
Sekilas pandang
- Garansi 5 tahun / 150 ribu km
- Mobil pertama di kelasnya yang menggunakan katup variabel ganda
- Tersedia dalam 9 warna pilihan di antaranya: Signal Red, Clear White dan Bright Silver

Tidak ada komentar:

Posting Komentar