Tak usah lagi membicarakan penampilan. Kami mengakui parasnya begitu rupawan dengan guratan garis menarik di sekujur tubuh. Di tangan tim desainer pimpinan Peter Schreyer, Picanto kini terlihat lebih agresif dan berkarakter.
Tampang yang keren itu sangat cocok dengan target pasar Picanto. Yaitu mereka yang diasumsikan sebagai pecinta Small Hatchback dari kalangan anak muda atau yang setidaknya yang berjiwa muda.
Untuk pasar Indonesia, Picanto hanya memiliki 2 varian, yakni unit yang bertransmisi otomatis dan unit yang bergirboks manual. Hasil uji kami di beberapa edisi sebelumnya, Picanto matik mencatat waktu akselerasi 0-100 km/jam dalam 12,38 detik. Angka yang luar biasa dan jelas menyiratkan potensi mesin yang dikandungnya.
Benar saja, untuk berlari dari diam hingga 100 km/jam, Picanto manual cuma butuh 11,23 detik. Lebih tajam 1 detik lebih dari versi otomatis dan tetap sebuah figur impresif bagi mobil di kelasnya.
Hasil itu tak lepas dari kinerja luar biasa mesin Gamma bertenaga 87 dk. Mesin berkapasitas 1.248 cc itu terhitung canggih dengan penerapan katup variabel ganda yang dalam bahasa Kia disebut Dual CVVT. Apalagi tuas perseneling ringan dan presisi, membuat shifting menjadi aktivitas yang menyenangkan.
Dan tak hanya akselerasinya yang sigap, pencapaian efisiensinya pun mengagumkan. Picanto ini menempuh rute tol dengan kehematan bbm 18,51 km/l. Sedangkan rute dalam kota dijalaninya dengan konsumsi 13,3 km/l. Tenaga besarnya membuat ia tak perlu berkitir tinggi untuk sekadar menjelajah perkotaan.
Picanto memiliki mode berkendara Eco. Implementasinya adalah, melalui layar MID di instrumen, komputer akan memberikan direksi gigi yang tepat sesuai putaran mesin dan kecepatan aktual. Arahan ini efektif merangsang pengemudi untuk berjalan sesuai dengan cara yang efisien.
Sayang kami agak kecewa oleh kinerja kemudi. Kami paham kalau maksud Motor Driven Power Steering adalah menghadirkan bobot kemudi yang pas sesuai tingkat kecepatan. Tapi yang terjadi justru munculnya jeda hingga membuat kemudi seperti kurang presisi.
Catatan lain adalah lemahnya kemampuan antena radio menangkap siaran. Saat kami menjelajah jalan-jalan perkotaan, sering kali siaran radio menjadi tidak jernih atau bahkan hilang sama sekali saat berada di terowongan atau under pass. Simpel, namun cukup berdampak bagi komuter perkotaan yang kerap mengandalkan radio sebagai pusat berita dan hiburan.
Kia All New Picanto - M/T | |
Harga on-the-road | Rp 126,5 jt (M/T); 139,5 jt (A/T) |
Mesin/kapasitas | 1.248 cc 4 silinder |
Tenaga maksimum | 87 dk/6.000 rpm |
Torsi maksimum | 120 Nm/4.000 rpm |
Transmisi | 4-speed manual/ FWD |
Panjang/wheelbase | 3.595/2.385 mm |
Lebar/tinggi | 1.595/1.480 mm |
Kapasitas tangki/ban serep | 35 liter/full size |
Bobot | 1.030 kg |
HASIL TEST | |
0-100 km/jam | 11,23 detik |
0-60 km/jam | 5 detik |
60-80 km/jam | 3,9 detik |
80-100 km/jam | 7 detik |
100-120 km/jam | 11,1 detik |
Pengereman (100-0 km/jam) | 52,6 m |
Konsumsi bbm tol/dalam kota | 18,51/13,3 km/l |
FEATURES | |
Airbag/ABS/EBD/ESP | Tidak/tidak/tidak/tidak |
AC climate control/dualzone/pelek | Tidak/tidak/tidak/alloy 14 inci |
CD player/tombol setir/cruise control | Ada/tidak/tidak |
Headlamp levelling/HID/foglamp | Tidak/tidak/ada |
Spion/pelipat elektrik | Ada/tidak |
On-board computer/smart key | Ada/tidak |
Setir adjustable reach/rake | Ada/tidak |
Jok elektrik/heater | Tidak/tidak |
Auto door-lock/sunroof | Tidak/tidak |
Launch control/ suspension control | Tidak/tidak |
Sporty cocok untuk yang berjiwa muda |
Kabin sederhana tapi lapang |
Indikator Eco membantu eco driving |
Media Connection |
Cup Holder |
RIVAL | |
Daihatsu Sirion (M/T) | |
Mesin | 1.298 cc 4 silinder, 90 dk |
0-100 km/jam | 10,4 detik (M/T) |
Harga | Rp 139,5 juta (M/T); Rp 150,5 juta (A/T) |
+ | Tenaga, akomodasi, fitur |
- | Desain, harga |
First opinion
Tampilan keren saja sudah cukup buat Picanto memikat konsumen, namun ternyata Kia masih berbaik hati dengan memberi kesenangan berkendara berkat potensi mesin. Harga Rp 125 juta pun affordable untuk sebuah mobil baru yang semenarik ini.
Sekilas pandang
- Garansi 5 tahun / 150 ribu km
- Mobil pertama di kelasnya yang menggunakan katup variabel ganda
- Tersedia dalam 9 warna pilihan di antaranya: Signal Red, Clear White dan Bright Silver
Tidak ada komentar:
Posting Komentar